RANGKUMAN BAB 9 ALMAYRA 7A

ARTEFAK KOMPUTASIONAL

 Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir

komputasional. Objek ini dapat berupa: kode program, aplikasi, situs web,

foto/gambar, audio, video, presentasi, dan lainnya. Artefak komputasional

dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik

komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Proses pengembangan

artefak komputasional melalui proses iteratif yang mereleksikan ide dan

kreatiitas penciptanya untuk membuat sesuatu menjadi lebih efektif,

eisien, indah, menarik, dan lainnya. Contoh Artefak Komputasional: Tiktok, robot, drone, Twiter, mobil(fisik), 


MAKEY MAKEY

Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis. Nama makey

sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) ”Make

anythink into keyboard”. Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang

dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard. Kita

dapat membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita

yang bersifat konduktor. Konduktor merupakan sifat benda yang dapat

mengantarkan arus listrik baik itu secara kuat atau lemah. Dengan benda ini,

kita dapat bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat,

dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan masih

banyak benda lainnya yang akan kita temukan.


Bagian-Bagian dari Makey Makey

Makey Makey sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard

memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di

bagian depan papan. Lubang bukan ground di bagian depan tersebut dapat

digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, panah kiri, panah

bawah, panah kanan, spasi, dan klik. Lubang tersebut dapat dihubungkan

dengan klip buaya. Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di

bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse,

yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan.




Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Komputer dapat membangkitkan nada yang menyerupai suara piano, gitar,

drum, dan alat musik lainnya. Pengembangan artefak komputasional juga dilanjutkan

dengan mengembangkan rencana pengujian, dan menguji alat musik. Suara atau audio sendiri adalah getaran yang ditransmisikan sebagai gelombang akustik melalui media udara, air, maupun zat padat

Komputer sebagai perangkat elektronis mampu membangkitkan sinyal

suara, yang juga dilakukan oleh synthesizer. Synthesizer adalah alat musik yang

mampu membangkitkan audio dengan berbagai metode, seperti: substractive

synthesis, additive synthesis, dan frequency modulation synthesis.


Aturan bermain

1. Pemain tidak dapat menembus dinding yang tedapat pada papan permainan. 


2. Jika karena melaksanakan langkah pada Kartu Penunjuk Arah, pemain harus keluar papan permainan, pemain tidak perlu melaksanakan langkah tersebut. Peserta kehilangan satu giliran berjalan karena ia tetap berada pada kotak yang sama. 


3. Satu kotak permainan dapat diisi oleh lebih dari satu karakter pemain. Giliran pemain untuk menjalankan karakternya dapat ditentukan berdasarkan kriteria tertentu, misalnya berdasarkan urutan usia (dari peserta yang paling muda hingga peserta yang paling tua), berdasarkan urutan tinggi badan, berdasarkan urutan alfabet nama setiap peserta, dan lain-lain

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa saya memilih Labschool

Soal essay bab 4 kelas 7 informatika